5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah

Tidak hanya menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah yang rutin juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bagi pendonornya. Manfaat ini diantaranya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan lainnya.Apa saja? Pahami lebih jauh beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Darah memiliki kandungan zat besi yang mempengaruhi kekentalan darah. Semakin kental darah seseorang, maka akan meningkatkan potensi besarnya gesekan antara cairan darah dan dinding pembuluh darah. Gesekan yang besar akan menimbulkan potensi tersumbatnya pembuluh darah. Nah, dengan rutin melakukan donor darah kamu dapat mengurangi kekentalan darahmu dan menjaga kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Sehingga, potensi penyakit jantung seperti serangan jantung atau stroke dapat dihindari.

2. Menambah dan memperbarui sel darah merah

Fungsi sel darah merah adalah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, serta mengantarkan karbon dioksida ke paru-paru. Fungsi penting ini tentu membuat sel darah merah menjadi satu elemen krusial yang fungsinya sangat mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh. Banyak persepsi yang menyebutkan dengan mendonorkan darah, maka kita akan kekurangan sel darah merah. Faktanya, dengan mendonorkan darah, sumsum tulang belakang tubuh akan secara otomatis memproduksi sel darah merah baru. Donor darah akan menstimulasi produksi sel darah merah ini sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Baca juga : 7 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Bersih Tanpa Skincare

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan (photo by Canva)

Manfaat donor darah bagi pendonor berikutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Orang dewasa dapat membakar sekitar 650 kCal saat mendonorkan 450 ml darahnya. Meskipun demikian kamu tidak bisa menjadikan donor darah sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan kalori. Umumnya kamu bisa mendonorkan darah selama 3 bulan sekali, tergantung dari kondisi kesehatan dan kadar hemoglobin.

4. Mendeteksi adanya penyakit serius

Sebelum dapat menodonorkan darah, kamu perlu melewati tahap pemeriksaan kondisi tubuh. Seperti tekanan darah, denyut nadi, berat badan, sampai suhu tubuh. Pemeriksaan tambahan melalui pengecekan darah juga dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit serius seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV, sifilis atau malaria. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada penularan penyakit melalui transfusi darah. Bagi kamu yang hendak mendonorkan darah, pemeriksaan ini tentunya memberikan kamu informasi terkait kesehatan tubuhmu.

5. Membuat hidup menjadi lebih sehat

Manfaat donor darah yang paling dirasakan adalah kebahagiaan dalam memberikan bantuan secara sukarela kepada yang membutuhkan. Mengutip artikel yang dimuat di Katadata.co.id, orang-orang yang mengajukan diri secara sukarela dengan alasan altruistik, yakni menolong tanpa mengharap imbalan atau tidak memperhatikan kepentingan diri sendiri, mampu menjalani hidup lebih bahagia. Selain itu, mendonorkan darah secara rutin dapat menurunkan risiko kematian empat tahun kedepan.

Baca juga : 7 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Bersih Tanpa Skincare

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat donor darah? Ternyata selain untuk membantu mereka yang membutuhkan, melakukan donor darah secara rutin juga memberikan manfaat untuk tubuh para pendonornya. Yuk, lebih perbanyak informasi terkait lokasi donor darah yang ada di daerahmu dan mulai rutin lakukan donor darah untuk kebaikan orang lain dan diri sendiri. (rad)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with CS
Halo, ada yang bisa kami bantu?