Manfaat Menulis dengan Tangan untuk Anak

Menulis dengan Tangan

Kegiatan menulis dengan tangan terkesan kurang populer mengingat penggunaan gadget kini jauh lebih praktis dan cepat. Namun, menulis dengan tangan tetap menjadi opsi yang tidak bisa diabaikan karena memiliki banyak manfaat khususnya untuk anak. Mulai dari menumbuhkan daya ingat, sampai meningkatkan kreativitas pada anak. Selain itu, ada lebih banyak lagi manfaat yang bisa ditawarkan dari kegiatan menulis dengan tangan. Mau tahu apa saja? Berikut beberapa manfaat menulis dengan tangan yang bisa diperoleh anak. 

Meningkatkan Fokus

Anak mungkin mudah terdistraksi oleh mainan atau hal-hal lain ketika sedang belajar. Oleh karena itu perlu ada tindakan khusus yang bisa melatih anak untuk fokus pada sesuatu. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan anak menulis dengan tangan. Latih anak untuk mengembangkan satu ide atau gagasan menjadi kalimat-kalimat sederhana. Dengan begitu, anak akan lebih berkonsentrasi dan memiliki pikiran yang tertuju pada tugas tersebut. Hal ini disebabkan karena proses menulis menggunakan bagian tertentu dari otak yang berfungsi sebagai penyaring. Ini memblokir informasi yang tidak relevan dan membantu anak untuk fokus menulis.

Meningkatkan Daya Ingat

Image by Canva

Menulis dengan tangan juga bisa meningkatkan dan melatih daya ingat pada anak. Karena menulis dengan tangan dapat meningkatkan persepsi visual dan pendengaran informasi sehingga meningkatkan pengalaman perseptual-motorik, yang mengintegrasikan segala sesuatu yang anak pelajari tentang huruf dan kata. Anak akan lebih cepat mengingat informasi dengan cara menuliskan sesuatu yang ada di kepalanya. Dengan begini, kemampuan mengingat anak akan terbangun lebih cepat.

Baca juga : Tips Melatih Anak untuk Merapikan Peralatan Sekolah

Menumbuhkan Kreativitas

Manfaat menulis dengan tangan yang bisa anak dapatkan lainnya adalah kebiasan positif yang akan menumbuhkan kreativitas. Otak akan jauh lebih aktif ketika menulis dengan tangan karena kegiatan ini melibatkan lebih banyak stimulus gerakan menggores daripada mengetik dengan keyboard yang hanya menekan tombol secara berulang. Kreativitas anak akan lebih cepat terbentuk ketika ada lebih banyak indera yang mereka gunakan. Oleh karena itu, menulis dengan tangan mampu melibatkan lebih banyak indera pada anak.

Mengurangi Kecemasan dan Stres

Image by Canva

Manfaat lainnya dari menulis dengan tangan adalah dapat mengurangi rasa cemas dan stres. Hal ini karena menulis dengan tangan dapat meningkatkan aktivitas pada otak yang serupa dengan kegiatan meditasi. Berikan anak kesempatan untuk menulis perasaan dan pengalaman keseharian mereka pada sebuah buku. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengenali emosinya seperti sedih, bahagia, kecewa. Kebiasaan ini akan menghasilkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang terukur. Beberapa terapi psikologi pun memiliki kegiatan menulis sebagai salah satu opsinya. 

Nah, itu adalah beberapa manfaat menulis dengan tangan untuk anak. Meskipun kini anak sudah terbiasa dengan penggunaan gadget, orang tua tetap harus membiasakan anak untuk menulis secara manual dengan tangan. Namun, jika orang tua ingin menggunakan alternatif lain, orang tua bisa memberi anak tablet dengan stylus pen. Setidaknya alat ini mampu mengakomodasi anak untuk tetap melakukan kegiatan menulis dengan tangan. (rad)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with CS
Halo, ada yang bisa kami bantu?